Cara Pembuatan Artikel Agar Mudah Dibaca Siapapun

Cara Pembuatan Artikel Agar Mudah Dibaca Siapapun dan dipahami oleh siapa saja sebenarnya cukup mudah. Sehingga semua orang atau penulis bisa mempelajari dan menerapkannya setiap kali menulis. Dalam membuat atau menulis suatu artikel memang tidak bisa sembarangan saja. Artikel harus dibuat sebaik mungkin dan berkualitas.

Artikel sendiri merupakan bentuk sastra yang membahas suatu topik tertentu dan dimuat dalam media online seperti internet maupun offline. Media online misalnya memposting artikel di situs web, halaman blog, dan lainnya. Sedangkan offline seperti mencetak artikel di surat kabar atau koran, majalah, makalah, dan lain sebagainya.

Penulisan artikel ini bisa bertujuan untuk menyampaikan suatu berita, ide, gagasan, maupun kritik terkait dengan permasalahan yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat. Selain itu artikel juga bisa bertujuan untuk memberikan suatu informasi baru, menghibur, bahkan mengedukasi pada pembacanya tentang suatu hal.

Cara Pembuatan Artikel Agar Mudah Dibaca Siapapun

Cara Pembuatan Artikel Agar Mudah Dibaca dan Dipahami

Cara Pembuatan Artikel Agar Mudah Dibaca Siapapun. Setiap penulis artikel tentunya ingin mendapatkan banyak pembaca yang merasa puas dan menyukai hasil artikelnya. Contohnya yaitu dengan berusaha membuat artikel yang bagus, mudah dibaca soleh siapa saja, dan mudah untuk memahaminya.

Untuk membuat artikel yang mudah terbaca juga tidak terlalu sulit. Berikut adalah beberapa caranya:

Pemilihan Judul yang Menarik dan Jelas

Yaitu merupakan hal penting pertama yang dilihat oleh pembaca. Pastikan judul artikel Anda menarik, informatif, dan jelas mencerminkan isi artikel secara keseluruhan. Judul yang baik dapat memancing peminat untuk membaca pembaca .

Memperhatikan Pemilihan Kata

Cara selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pemilihan kata untuk membentuk suatu kalimat. Agar mudah dibaca sebaiknya penulis pilihlah kata-kata yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu maka pembaca bisa membaca kalimat per kalimat dengan mudah dan cepat.

Cara pembuatan artikel agar mudah dibaca lainnya, penulis harus menggunakan kata dalam Bahasa Indonesia tepat dan sudah sangat familiar. Kurangilah kata yang tidak dapat di mengerti oleh pembaca agar tidak menimbulkan kebingungan. Sehingga pembaca bisa melanjutkan membaca artikel tanpa terganggu dengan kata-kata yang masih asing.

Penulis juga harus memastikan untuk menulis dengan kalimat efektif yang tidak bertele-tele. Tujuannya yaitu untuk menghindari penggunaan kata yang tidak perlu bahkan pengulangan kalimat yang sama. Hal tersebut tentu akan membuat artikel menjadi lebih padat dan orang-orang jauh lebih mudah membaca serta memahami isinya.

Gunakan Gaya Menulis yang Tepat

Cara pembuatan artikel agar mudah dibaca selanjutnya, penulis juga harus menggunakan gaya menulis yang tepat. Misalnya yaitu menulis dengan gaya tulisan baku, tidak baku, maupun tulisan yang lebih santai. Untuk menentukannya, maka penulis harus menentukan siapa target audiens atau target pembaca dari artikel tersebut.

Misalnya jika target audiens artikel adalah orang dewasa dan mengangkat tema yang serius maka bisa menggunakan bahasa yang lebih baku. Sedangkan jika target audiens adalah anak muda bahkan anak-anak sekalipun maka bisa menggunakan bahasa tidak baku dan yang lebih santai. Hal tersebut tentu akan membuat pembaca menjadi lebih nyaman.

Dengan cara pembuatan artikel agar mudah dibaca ini pun pembaca bisa dengan mudah memahami apa isi atau maksud utama dari artikel tersebut. Bahkan mereka juga bisa mengingatnya dengan mudah. Artinya penulis dari artikel tersebut telah berhasil menyampaikan informasi dengan baik pada pembaca yang memang membutuhkan informasi tersebut.

Ketahuilah Subjudul dan Poin Pentingnya

Perlu diketahui subjudul penting untuk membagi rangkaian artikel menjadi bagian-bagian yang sederhana dan mudah dipahami. Gunakan poin atau daftar untuk menyoroti penting atau langkah-langkah yang ingin disampaikan.

Jangan Ada Salah Ketik

Salah ketik atau typo tentu menjadi hal yang harus dihindari dalam penulisan artikel. Sebab typo bisa mengurangi nilai artikel bahkan bisa menjadikannya sebagai artikel yang tidak berkualitas. Selain itu kesalahan ketik meskipun hanya satu huruf bisa membuat orang-orang sulit untuk membaca artikel. Apalagi jika typonya cukup banyak.

Kesalahan ketik bisa mengubah arti kalimat. Misalnya karena adanya kesalahan huruf pada satu kata maka kalimatnya menjadi tidak nyambung dan sulit terbaca. Akibatnya pembaca lebih sulit untuk memahaminya. Karena itu dalam cara pembuatan artikel agar mudah dibaca ini penting untuk memastikan dalam artikel tidak ada kesalahan ketik.

Tempatkan Tanda Baca dengan Benar

Tanda baca juga termasuk hal yang sangat penting dalam suatu tulisan termasuk artikel. Tanda baca merupakan simbol yang berperan penting dalam menunjukkan struktur tulisan, jeda, maupun intonasi saat membaca pada suatu tulisan. Contoh tanda baca cukup beragam seperti titik, koma, titik dua, titik koma, tanda seru, petik, tanda tanya, garis miring, dan lainnya.

Penggunaan tanda baca yang tepat bisa membantu pembaca untuk membaca artikel dan memahaminya dengan mudah. Dengan tanda baca pun pembaca tidak akan merasa lelah dalam membaca tulisan maupun menangkap informasi yang salah. Karena itu pentingnya untuk selalu hunakan simbol tanda baca yang tepat dan sesuai dengan kalimat.

Tautan dan Referensi

Jika Anda menggunakan data atau informasi dari sumber lain, berikan tautan atau referensi yang mengarah ke sumber tersebut. Ini dapat meningkatkan kredibilitas artikel dan para pembaca dapat memungkinkan untuk mencari informasi lebih lanjut.

Buat Paragraf dengan Isi yang Tidak Terlalu Panjang

Cara pembuatan artikel agar mudah dibaca selanjutnya yaitu dengan membuat paragraf pendek. Dalam setiap artikel tentunya akan ada banyak paragraf pembahasan. Perlu di ketahui dalam membuat artikel lebih mudah dibaca sebaiknya penulis dapat membuat paragraf yang tidak terlalu panjang. Misalnya dengan membuat 3 hingga 4 baris kalimat dalam satu paragraf.

Paragraf yang pendek dapat membuat para pembaca merasa lebih mudah dalam membacanya. Sehingga mereka masih tertarik untuk melanjutkan membaca artikel hingga selesai. Berbeda jika dalam satu paragraf terdapat terlalu banyak kalimat hingga puluhan baris. Hal tersebut tentu akan membuat pembaca sulit membacanya.

Cara pembuatan artikel agar mudah dibaca tentu sangat penting untuk kita terapkan setiap kali menulis. Pertimbangkan kebutuhan dan kepentingan pembaca dalam setiap artikel yang Anda tulis. Berikan solusi atau informasi yang sangat relevan dengan kebutuhan pembacac. Tujuan utama dalam sebuah artikel adalah menyampaikan informasi yang sangat jelas dan begitu mudah dipahami oleh pembaca. Semoga tips ini bisa membantu anda dalam mengetahui cara yang perlu dalam membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.