10 Teknik Menulis Artikel yang Benar Pemula Wajib Tahu

10 Teknik Menulis Artikel yang Benar Pemula Wajib Tahu. Menulis artikel merupakan kegiatan yang cukup menarik. Dalam Era digital seperti sekarang, masyarakat cenderung sangat penting mencari informasi online lewat artikel-artikel di internet. Ini tentu bisa menjadi peluang untuk memperoleh pundi-pundi cuan. Namun yang disayangkan, masih banyak penulis yang belum paham dalam cara teknik menulis artikel yang benar.

Padahal, kemampuan tersebut sangatlah penting. Terutama dalam memastikan artikel tidak hanya memberikan informasi berharga. Namun juga mampu menarik perhatian mereka supaya ingin terus membaca. Lantas bagaimana tekniknya, akan kita ulas lebih lengkap dalam artikel berikut.

10 Teknik Menulis Artikel yang Benar Pemula Wajib Tahu

Memahami Teknik Menulis Artikel yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Sebelum menuju ke pembahasan utama, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu artikel. Dalam pengertian umum, artikel adalah satu bentuk tulisan yang berfungsi untuk menyampaikan informasi, pandangan atau analisis tentang suatu topik dan dapat di berbagai media seperti media surat kabar, majalah, jurnal ilmiah, situs website, hingga blog. Topik pembahasannya pun bervariasi. Mulai dari berita aktual, opini, hingga informasi tentang kesehatan, teknologi, pendidikan, dan banyak lagi.

Di bidang jurnalisme dan penerbitan, artikel seringkali disusun secara sistematis. Biasanya mencakup judul, pendahuluan, pembahasan, hingga kesimpulan. Semua harus runtut dan tidak boleh berbelit-belit.

Tujuan utamanya yaitu memberikan pemahaman lebih mendalam kepada seluruh pembaca. Sehingga mereka dapat menerima informasi secara optimal. Nah, bagi Anda para pemula yang ingin terjun ke dunia kepenulisan artikel, wajib memahami teknik secara detail. 10 Teknik Menulis Artikel yang Benar Pemula Wajib Tahu. Ketahuilah cara teknik menulis artikel dengan benar adalah sebagai berikut.

1. Tentukan Tujuan serta Target Pembaca

Sebelum mulai menulis, langkah pertama yang paling penting adalah menentukan tujuan membuat artikel tersebut. Dengan memberikan informasi, menghibur atau meyakinkan para pembaca untuk mengetahui produk maupun layanan yang ada. Tujuannya harus jelas, supaya hasil tulisan juga lebih bernilai.

Di samping itu, ketahui juga siapa saja target pembaca yang menjadi sasaran Anda. Apakah anak muda, ibu rumah tangga, mahasiswa, atau umum. Ini berguna dalam membantu menyesuaikan gaya serta bahasa artikel.

2. Riset dan Pilih Topik yang Menarik

Teknik menulis artikel yang benar berikutnya yaitu riset dan menentukan topik paling menarik. Pastikan topik tersebut belum banyak ditulis. Sehingga artikel yang Anda tulis dapat memberikan sudut pandang baru dan lebih fresh. Selain itu, artikel yang terlalu pasaran membuat pesaingnya di kolom pencari semakin menjamur. Akibatnya pembaca mungkin tidak akan tertarik lagi.

3. Buat Outline atau Kerangka Artikel

Supaya semakin mudah dalam menulis, buatlah outline atau rangkaian pemikiran terlebih dahulu. Tentukan poin-poin penting utama yang ingin kita sampaikan secara fakta pada artikel tersebut. Kerangka ini akan membantu menjaga alur tulisan tetap sistematis dan pembahasannya lebih fokus. Sehingga tidak bertele-tele yang berisiko membuat pembaca merasa bosan.

4. Gunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami

Dalam teknik menulis artikel yang benar, gaya bahasa sangat wajib penulis perhatikan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami serta hindari memasukkan jargon atau istilah terlalu asing. Hal tersebut bisa membuat pembaca awam merasa kesulitan dalam menyimpulkan maksud tulisan.

Jangan lupa menggunakan kalimat yang singkat dan langsung ke pointnya. Misalnya, dalam satu kalimat penuh terdiri atas 10 sampai 15 kata saja. Terlalu panjang membuat tulisan menjadi kurang enak dibaca.

5. Sajikan Informasi yang Berkualitas

Pastikan informasi yang Anda sajikan di dalam artikel memiliki kualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Berikan fakta yang akurat, bubuhkan data terbaru, dan ambil dari sumber terpercaya. Hindari menyajikan informasi yang sudah usang atau tidak relevan. Karena hal tersebut berisiko mengundang hoax.

6. Pakai Heading dan Subheading

Penggunaan heading dan subheading dalam sebuah artikel memiliki peran yang sangat penting. Heading sendiri adalah subjudul di dalam teks yang lebih menonjol dari tulisan sekitarnya. Biasanya seperti memberikan informasi singkat tentang topik penting yang akan dibahas.

Tujuan pemberian heading maupun subheading bermacam-macam. Seperti memberikan pengaturan atau tingkatan informasi supaya lebih teratur. Selain itu, mereka membantu pembaca memahami struktur maupun konten dari tulisan yang tersaji.

Bahkan, jika kita menampilkan daftar isi di dalam artikel web atau blog, heading bisa memudahkan pencarian. Misalnya pembaca hanya ingin melihat poin tertentu tanpa membaca keseluruhan artikel, maka cukup klik di headingnya.

7. Bubuhkan Gambar atau Grafik Pendukung

Pemberian gambar atau grafik merupakan salah satu teknik menulis artikel yang benar dan patut Anda perhatikan. Bagaimana tidak, gambar atau grafik bukan sekedar hiasan supaya tampilan tulisan kian unik. Namun mampu memperkaya konten artikel sekaligus menarik minat pembaca.

8. Pastikan Keaslian dan Kreativitas Konten Anda

Orisinalitas dan kreativitas konten adalah hal utama dalam penulisan artikel. Karena itu, hindari menjiplak atau mengambil konten dari sumber lain secara mentah-mentah. Ini merupakan tindakan plagiarism yang menyalahi aturan. Anda harus memberikan sentuhan kreativitas supaya tulisan berbeda dan lebih berbobot.

9. Berikan Kesimpulan Pembahasan

Setelah artikel selesai, tidak ada salahnya Anda memberikan kesimpulan pembahasan di sisi bawah. Kesimpulan adalah bagian dimana penulis meringkas poin-poin penting dari keseluruhan tulisan. Sehingga keyakinan pembaca terhadap tulisan tersebut semakin kuat.

10. Teliti Kembali dan Publikasikan

Jika tulisan siap, baca kembali dan lakukan revisi untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, maupun struktur kalimat. Jika perlu, minta pendapat dari orang lain untuk mendapatkan sudut pandang atau memastikan artikel memang layak terbit.

Jangan lupa ciptakan judul yang mengundang perhatian sekaligus mewakili keseluruhan substansi tulisan Anda. Setelah yakin, publikasikan dan promosikan artikel tersebut supaya mudah ditemukan oleh pengguna internet yang lebih luas.

Dengan memahami teknik menulis artikel yang benar seperti di atas, Anda semakin mudah menciptakan konten tulisan berkualitas. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.