Tips Membuat Artikel yang Menarik dan Mudah Dipahami

Tips Membuat Artikel yang Menarik dan Mudah Dipahami sangat dibutuhkan oleh seorang penulis, content writer, copywriter, hingga blogger. Membuat atau menulis konten artikel tidak hanya sekedar memberikan informasi yang baru kepada pembaca. Namun, dalam pembuatan artikel yang terpenting adalah harus menarik dan mudah dipahami.

Sebanyak 60 sampai 70% tautan artikel yang dibagikan ke media sosial tidak dibaca oleh orang yang membagikannya. Ketika seseorang membukanya, hanya butuh waktu 15 detik untuk menyakinkan dirinya apakah harus membaca artikel tersebut.

Tips Membuat Artikel yang Menarik dan Mudah Dipahami

Tips Membuat Artikel yang Disukai oleh Pembaca

Membuat artikel yang runtut, jelas, dan mudah dipahami, memang bukanlah perkara mudah. Perlu banyak latihan dan mengumpulkan beragam referensi untuk memperdalam ide tulisan. Berikut ini beberapa trik sederhana yang bisa diterapkan untuk membuat artikel menarik dan mudah dipahami.

1. Buat Paragraf dengan Kalimat yang Singkat

Salah satu tips membuat artikel, yakni dengan memberikan banyak ruang kosong. Apa artinya? Buatlah banyak paragraph dengan kalimat yang singkat dalam satu artikel. Idealnya, satu paragraf hanya terdiri dari dua sampai tiga kalimat. Satu paragraf sudah bisa mewakili satu ide pembahasan.

Paragraf yang begitu terlalu panjang membuat para pembaca jadi merasa bosan dan jenuh. Hal ini membuat pembaca enggan untuk membaca sampai bagian akhir artikel. Penggunaan paragraf secara tepat membuat topik artikel yang kompleks menjadi lebih ramah pembaca. Pembaca bisa langsung memahami isi artikel hanya dengan satu kali membacanya.

2. Gunakan Sub Judul atau Sub Heading

Tips membuat artikel selanjutnya, yakni memisahkan konten artikel dengan beberapa sub judul atau sub heading. Pemberian sub judul dalam artikel, semakin memudahkan pembaca untuk memahami isi atau informasinya. Biasanya, pembaca memiliki ketertarikan pada topik atau pembahasan tertentu. Adanya sub judul dalam artikel, membuat pembaca semakin cepat menemukannya.

Selain itu, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi pembaca. Bahkan, sub judul memainkan peran yang sangat penting untuk memperbaiki SEO, sehingga dapat mendatangkan lebih banyak pembaca. Pemberian sub judul dalam artikel juga harus diperhatikan jumlahnya. Hal ini bisa disesuaikan dengan jumlah katanya. Jika artikel terdiri dari 400 kata, setidaknya memiliki dua sampai tiga sub judul. Satu sub judul bisa berisikan empat hingga lima paragraf.

3. Buat Daftar Poin (Number atau Bullet)

Number atau bullet dalam sebuah artikel mungkin terlihat sepele. Namun, membuat daftar poin dengan bullet atau number dapat menambahkan daya tarik pada artikel.

Number atau bullet dapat merangkum berbagai informasi artikel, sehingga para pembaca semakin mudah untuk memahami apa keuntungan dari artikel tersebut dan Isi artikel juga terlihat sanngat lebih terstruktur.

Number dan bullet sangat membantu penulis dalam membuat artikel tutorial. Pasalnya, dapat menjelaskan tahapan demi tahapan dengan lebih detail.

4. Tambahkan Tautan Internal yang Relevan

Tips membuat artikel yang tak kalah penting, yakni menambahkan tautan internal. Tautan internal tidak hanya berperan untuk meningkatkan SEO, tetapi juga membuat pembaca tetap berada di situs dan membaca lebih banyak artikel.

Konten artikel yang bagus menggunakan tautan internal untuk memperluas pemahaman pembaca. Bahkan, dapat memberikan nilai lebih pada artikel itu sendiri.

Penambahan tautan internal ke dalam artikel tidak boleh asal-asalan. Pastikan tautan internal tersebut relevan atau saling berkaitan. Jika tengah membuat artikel tentang tutorial HP, maka cari tautan internal dengan topik yang sama.

5. Tambahkan Gambar, Grafik, Tabel atau Diagram

Jangan lupa untuk menambahkan gambar, grafik, tabel, atau diagram ke dalam artikel. Menambahkan gambar dapat meningkatkan daya tarik artikel secara visual. Gambar, grafik, dan yang lainnya juga dapat mewakili isi artikel dan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Elemen-elemen ini juga dapat meningkatkan performa artikel dalam mesin pencari. Gambar memainkan peran penting untuk mengoptimasi dan meningkatkan SEO. Meski dinilai sangat penting, penambahan gambar harus diperhatikan jumlahnya. Jangan terlalu banyak memasukkan gambar, setidaknya tambahkan satu gambar untuk satu sub judul.

Selain itu, pilih gambar yang relevan dengan topik atau isi artikelnya. Jika membahas tentang makanan sehat dan bernutrisi, dapat menggunakan gambar sayuran, buah-buahan, maupun ilustrasi lainnya. Hindari menggunakan gambar yang memiliki hak cipta agar lolos dari plagiat. Saat ini sudah banyak situs atau website penyedia gambar yang bebas hak cipta, seperti pexels.com, unplash.com, dan lain sebagainya.

6. Buat Judul yang Menarik

Judul adalah bagian artikel pertama kali yang tampak di mata pembaca. Karena itulah, buat judul yang unik dan menarik supaya pembaca merasa penasaran.

Judul dapat berupa rangkuman isi artikel. Hal ini membuat pembaca mengetahui ide atau gagasan utama dalam artikel. Jika sesuai dengan apa yang dibutuhkan, pembaca akan segera membuka artikel tersebut.

Tidak ada salahnya membuat judul clickbait untuk menggaet pembaca. Namun, pastikan judul sesuai dengan isi artikel agar pembaca tidak merasa kecewa atau tertipu.

7. Cantumkan Informasi Terbaru

Salah satu tips membuat artikel yang bernilai lebih adalah dengan mencantumkan informasi terbaru. Pembaca memiliki kecenderungan merasa bosan dengan topik artikel yang tidak relevan.

Karena itulah, sebelum membuat artikel lakukan riset secara mendalam. Gunakan rujukan dari berbagai sumber, bisa artikel dari situs dalam negeri maupun luar negeri, hingga media sosial. Beri pembaca informasi yang paling update. Kaitkan dengan issue-issue terkini yang tengah beredar di masyarakat.

Itulah tadi beberapa tips membuat artikel yang menarik dan mudah dipahami. Selain meningkatkan skill menulis untuk membuat artikel yang bagus, ada baiknya juga memahami algoritma Google dan strategi SEO. Hal ini dapat membantu penulis untuk membuat konten artikel yang semakin berkualitas dan mendatangkan banyak keuntungan, seperti Google Adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Looks Blog by Crimson Themes.